Laptop kamu cepat panas atau bahkan Mati sendiri ? ini penyebab dan cara mengatasinya


Banyak sekali masalah yang dialami oleh pengguna laptop sebenarnya masalah itu dapat di minimalisir jika kita rajin merawat laptop yang kita gunakan dengan baik . sebagai pengguna yang cerdas tentu kita harus paham cara merawat dan menjaga barang yang kita gunakan agar lebih awet dalam hal penggunaan dan jangka waktu .

Nah dulu saya pernah mengalami masalah yang serius dan menjengkelkan pada laptop saya pada saat pertama kali saya membelinya . masalah itu yaitu Overheat atau panas yang berlebihan pada laptop yang dapat menyebabkan hingga mati sendiri . bahkan dulu sempat saya kasih Es Batu di bagian bawah laptop :v lol . ternyata tidakan saya sangat salah, dan jika kamu mengalami hal yang sama seperti saya . pertama yang harus dilakukan yaitu

1.Troubleshoting atau Mencari masalahnya terlebih dahulu di bagian apa
2.Kenali masalahnya
3.Lalu lakukan Perbaikan

Dan inilah kebanyakan penyebab yang saya pernah temui yang pertama yaitu biasanya pada Hardware . atau perangkat keras .

  • Pasta yang ada pada prosesor mengering
Ada sebuah pasta jika kamu membuka bagian prosesor nah disitu jika sudah mengering cepat ganti dengan pasta yang baru bisa beli di toko online atau toko hardware terdekat murah kok cuman 12Rb an kalau ditempat saya .



cukup berikan sedikit jangan terlalu banyak . karena nanti akan ditutup dengan tutup dan akan melumer keluar jika terlalu banyak . secukupnya saja .

  • Fan atau kipas yang sudah Kotor dan berdebu
Jika kamu membongkar laptop kamu lihat pada bagian Fan atau Kipasnya . jika sudah sangat Kotor cepat bersihkan bagian-bagianya terutama juga pada bagian keluar dan masuknya udara .



Bersihkan dengan baik dan jangan menggunakan air :v . pake Katenbad aja bisa atau sejenis kuas kecil gitu . kalau bisa bersihkan semua bagian yang terlihat kotor sekalian .

  • Jangan meletakan Laptop pada kasur
Jangan pernah menggunakan Laptop pada bagian yang empuk terutama kasur . karena laptop punya bagian bawah yang berfungsi untuk bernafas atau menyedot udara . nah pada kasur banyak sejenis serabut atau kotoran dan debu kecil dan jika tersedot oleh laptop akan menjadi debu yang menempel pada bagian dalam laptop .




Gunakanlah Cooling pad untuk Alas laptopnya jika tidak ya setidaknya gunakan sebuah alas dan jika bisa gunakanlah juga Cooler Vacuum untuk memaksimalkan pendinginan pada bagian pembuangan udara laptop .

Nah itulah beberapa sebab dan cara mengatasinya jika laptop cepat panas . dan kebanyakan ada pada bagian hardware . jika tidak bisa untuk membongkarnya sendiri pergikan saja ke tukang servis terdekat . sekian jangan lupa klick share jika bermanfaat ^^ .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Cara mencegah file corrupt saat download dengan idm di pause dan resume

Pengertian dan cara mengatasi error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing

Cara mudah melihat fps saat bermain game menggunakan fraps